Menembus Batas Menebar Manfaat

Email : klinik.bale.irc@gmail.com    HP / WA : +62 852 2066 9157 ( Ahmad Sarip Saepuloh )

Artikel IRC

MANFAAT DARI SETIAP TERAPI

 

Manfaat Akupresur

Akupresur muncul didasarkan pada keyakinan bahwa seluruh tubuh terdiri dari energi vital yang disebut chi yang ‘mengalir’ melalui tubuh sepanjang garis tak terlihat atau meridian. Saat meridian ini terhambat, maka penyakit bermunculan. Di sinilah peran teknik akupresur membantu.

Ingin tahu manfaat sehat lainnya dari akupresur?

Mempercepat proses penyembuhan
Karena sifatnya, akupresur diketahui bisa melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan membangkitkan kekuatan energi tubuh untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Sehingga jika kamu sedang menderita penyakit ringan, pijatan akupresur akan membantumu lebih cepat sembut.

Meredakan nyeri
Akupresur adalah cara yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit di tubuh. Sebab ketika tekanan diterapkan ke titik yang sesuai dengan area tubuh yang sakit, tubuh akan merespon dengan cara melancarkan sumbatan di area tersebut. Alasan lainnya adalah sirkulasi darah jadi lancar sehingga rasa sakit akan menghilang.

Membuatmu lebih tenang
Karena akupresur menekan titik-titik yang menegang dalam tubuh, maka teknik pengobatan ini bisa membuatmu lebih tenang. Menurut keyakinan pengobatan China, setelah semua titik meridian ini bisa bersirkulasi dengan baik, maka tubuh bisa menangani stres dengan baik.

Membantu kehidupan seksual
Menurut teknik akupresur, ketidakseimbangan energi chi dalam sistem organ akan menyebabkan libido menurun. Energi ini juga berperan untuk menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Akupresur sendiri berguna untuk menyeimbangkan energi chi tersebut yang nantinya bermanfaat untuk meningkatkan kehidupan seksual.

Mencegah penuaan
Akupresur ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan lho. Sebab teknik ini akan melemaskan otot-otot wajah, menstimulasi aliran darah, dan membantu peningkatan produksi kolagen. Saat semua manfaat ini disatukan, maka tanda-tanda penuaan bisa dicegah dan kulit jadi lebih cantik.

Melepaskan ketegangan otot
Akupresur membantu meredakan ketegangan otot dengan cara menstimulasi saraf. Tingkat stres pun menurun. Sehingga ketegangan otot akan berkurang.

Meningkatkan sirkulasi darah
Saat diaplikasikan dengan benar, akupresur juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sebab tekanan ini akan mengaktifkan dan membuka aliran darah di pembuluh darah yang ada di bawah kulit. Peningkatan aliran darah ini membantu hampir semua organ di tubuh beregenerasi dan bekerja secara optimal.

Mengurangi konsumsi obat kimia
Akupresur telah dikenal selama berabad-abad sebagai obat alami terbaik untuk mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sinusitis, dan demam. Jika kamu bisa sembuh dengan teknik akupresur, maka konsumsi obat kimia akan berkurang.

Intinya Akupresure adalah salah satu metode pengobatan Tradisional yang bagi pasien yang sudah mau berlepas dari obat – obatan kimia, dan ini bisa menjadi salah satu solusi, pengobatan ini untuk segala macam penyakit baik penyakit ringan maupun berat, dan itu semua tetap tidak lepas dari Ridho Allah SWT Dzat yang maha Penyembuh.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari Akupresur itu sendiri, namun kami di sini menitik beratkan pada Terapi Totok dengan mengambil titik akupresure dan itu terapi wajib sebelum ke terapi yang lainnya.

Ada banyak teknik pengobatan alami untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit ringan dan berat sekalipun. Dan akupresur termasuk di dalamnya. Jadi, apakah kamu tertarik mencobanya?

 

Mengenal Terapi Bekam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berawal dari Timur Tengah, Mesir dan China, terapi bekam merupakan pengobatan yang dipercaya dapat mengeluarkan racun dan zat berbahaya, serta membantu penyembuhan. Selain itu bekam juga dianggap dapat mengurangi rasa sakit dan proses peradangan di seluruh tubuh serta membuat tubuh dan pikiran relaks.

Dalam praktiknya, bekam memerlukan pemanasan dan gelas. Pemanasan bertujuan untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam gelas. Setelah dipanasi, gelas dengan cepat ditempelkan ke permukaan kulit dan kulit akan tersedot. Gelas penyedot ini dibiarkan beberapa saat. Aktivitas ini dipercaya dapat merangsang energi alami yang ada di dalam tubuh, atau disebut chi. Bekas kulit yang tersedot tersebut nantinya akan menimbulkan bentuk lingkaran warna merah.

Praktik pengobatan bekam memiliki dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah. Keduanya menggunakan ragam alat bantu penyedot yang sama. Antara lain terbuat dari bambu, plastik, kaca, dan tembikar. Kedua jenis bekam tersebut juga memerlukan proses pemanasan pada alat pembantu. Adapun yang membedakannya hanyalah proses apa yang dilakukan setelahnya.

Bekam dan Prosesnya

Pemanasan alat pada kedua jenis bekam menggunakan cara yang sama. Yaitu dengan bantuan bahan yang mudah terbakar, contohnya alkohol, sejenis herba, atau kertas diletakkan di dalam gelas dan disulut api. Seraya api mengecil dan akhirnya mati, gelas segera ditaruh terbalik, dengan mulut gelas di atas kulit penderita. Udara di dalam gelas akan mendingin dan ini menciptakan suasana tanpa udara (efek vakum/menyedot) di dalam gelas. Kulit akan tertarik dan pembuluh darah ikut melebar.

Bekam modern biasa menggunakan pompa karet seperti yang biasa digunakan pada penyedot kakus, hanya lebih kecil. Udara akan dipompa keluar saat karetnya ditekan di atas kulit.

Selain cara pemanasan di atas, terapi bekam sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah. Pada jenis bekam kering, alat bekam akan dibiarkan menempel selama beberapa menit. Hingga akhirnya kulit memerah dan mencuat ke atas, hal ini disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah.

Pada bekam basah, setelah proses penyedotan oleh gelas vakum, dilakukan sayatan dangkal pada kulit bekas bekam. Lalu dilakukan penyedotan ulang di area kulit yang disayat untuk mengeluarkan sebagian kecil darah. Setelah selesai, bagian yang terluka akan diolesi dengan salep antibiotik dan ditutup dengan perban untuk mencegah infeksi.

Bekam dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Terapi bekam masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi terapi bekam sendiri diduga mampu untuk mengobati:

  • Tekanan darah tinggi
  • Migrain
  • Depresi, kegelisahan
  • Kelainan darah seperti hemofilia dan anemia
  • Masalah kesuburan dan gangguan kandungan
  • Fibromyalgia dan arthritis
  • Jerawat dan eksim
  • Varises
  • Tersumbatnya bronkus (saluran pernapasan) yang disebabkan oleh asma atau alergi

Jika Anda memilih terapi bekam untuk mengatasi masalah kesehatan Anda, tidak perlu terlalu khawatir dengan bekas yang muncul setelahnya. Karena bekas kulit yang memerah dapat menghilang setidaknya 10 hari setelahnya.

The footer area here is fully widgetized, with widgets appearing in one, two, as well as three columns. Insert as many as you’d like, or none at all; it’s completely up to you.